Minggu, 06 November 2016

Pelayanan Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan

Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan

Di jaman sekarang, dengan kondisi persaingan bisnis yang sangat kompetitif tentu saja kepuasan dan loyalitas pelanggan menjadi sesuatu hal yang sangat penting. Hal tersebut adalah salah satu cara untuk meningkatkan keuntungan sehingga perusahaan dapat selalu menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Pengukuran kepuasaan konsumen tersebut juga merupakan elemen penting dalam menyediakan pelayanan yang lebih baik. Contohnya dengan memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan yang ada agar dapat bersaing dengan competitor yang lainnya. Pelayanan yang baik tentunya akan membuat pelanggan menjadi nyaman.
Sebagai contoh nyata masalah pelanggannya adalah :
Seorang konsumen yang menjadi pelanggan di sebuah toko sepatu katakanlah saya adalah salahsatu pelanggan yang mengharapkan mendapatkan pelayanan yang baik dari pemilik maupun penjaga toko tersebut, contohnya dari cara bagaimana mereka menawarkan produk yang mereka miliki dengan sikap dan tutur kata yang santun, cara mereka merespon dengan baik pertanyaan yang saya tujukan kepada mereka atau bahkan cara mereka memberikan alternative pilihan kepada saya sebagai pelanggan. Akan tetapi yang saya dapatkan adalah sebaliknya, mereka hanya terus fokus kepada apa yang sedang mereka lakukan sebelum saya hendak datang ke toko tersebut yaitu asyik bercengkrama dengan teman sesama penjaga toko, tidak terlihat welcome kepada pelanggan yang tidak hany saya saja akan tetapi kepada beberapa pelanggan lain pula bahkan mereka terkesan mengabaikan pelanggan. Beberapa saat kemudian pemilik toko datang dan akhirnya memberikan teguran kepada karyawan atau pegawainya, hanya saja saya termasuk orang – orang yang datang bersamaan dengan saya sudah terlanjur mengurungkan niat untuk membeli dan kami akhirnya memilih untuk pergi dan pindah tempat ke toko lain. Masalah tersebut menimbulkan kekecewaan serta ketidakpuasan saya terhadap perusahaan atau toko tersebut dan akhirnya menjadi salahsatu alasan saya untuk pindah tempat belanja.
Dari contoh kasus tersebut di atas dapat kita lihat bahwasanya kurang memperhatikan pelayanan kepada konsumen dan cenderung mengabaikan kepda hal – hal kecil yang dibutuhkan konsumen dapat berpengaruh terhadap pelayanan yang memuaskan dan akan menjadikan penurunan terhadap keuntungan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar